
UTANG TINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Ular
tangga merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran. Permainan ini sering disebut dengan Utang. Huruf U yang artinya
ular dan kata tang yang berarti tangga. Media permainan ular tangga merupakan
media yang menarik bagi siswa karena penyajiannya tidak seperti media biasanya
yang mungkin hanya untuk dilihat didengar
tetapi disajikan dalam bentuk permainan.
“Bermain
merupakan dunia anak-anak. Dengan barmain ular tangga yang tampak sederhana ini
memiliki manfaat bagi anak. Manfaat
permainan ular tangga yang sering dimainkan sejak dulu sebelum musim gadget
seperti sekarang ternyata mirip dengan pelajaran matematika. Pasalnya dengan
menghitung mata dadu, anak bisa mengenal konsep angka dan bilangan, berlatih
berhitung, teliti, percaya diri, dan disiplin. Seperti permainan matematika,
permainan ular tangga mengajarkan konsep angka dan bilangan. Anak bisa berlatih
berhitung, belajar teliti dari menyesuaikan jumlah mata dadu dengan pergerakan
bidak, disiplin dari menunggu giliran menjalankan bidak, dan membangun percaya
diri dalam berhitung yang menjadi dasar bagi anak mengembangkan kemampuan
matematikanya,” tandas Caroline.
Matematika dianggap sebagai mata pelajaran
yang menakutkan bagi siswa sekolah dasar karena mereka menganggap bahwa mata
pelajaran ini sulit dipahami, tidak menarik, dan membosankan. Di sisi lain mata
pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang penting yang harus dipahami
oleh siswa, karena ilmu matematika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karena itu guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran matematika yang
inspiratif dan menyenangkan. Dengan demikian siswa akan menjadi interaktif,
termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajarannya. Maka perlu
adanya media pembelajaran dalam membantu proses belajar mengajar yang sesuai
dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Salah satu media yang cocok digunakan
adalah dengan mengintegrasikan permainan dalam sebuah pembelajaran dengan
menggunakan ular tangga.
Permainan
ular tangga ini sesuai dengan
karakteristik siswa sekolah dasar yang masih suka bermain. Permainan ular
tangga dapat membantu siswa untuk melatih kemampuan berhitung.. Ketika siswa
bermain akan menjadi perangsangan tanpa adanya
tekanan-tekanan yang dapat
berakibat negatif. Rangsangan-rangsangan tersebut akan membuat siswa
mengembangkan kecerdasannya, sehingga siswa dengan mudah dapat memahami konsep
dan pengetahuan secara alamiah.
Permainan ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan
oleh 2 orang atau lebih. Seorang siswa akan meletakkan pion sesuai dengan
banyak angka yang diperolehnya. Jika pion mereka berada di tangga maka pion
tersebut akan menaiki tangga namun sebaliknya jika berada di ekor ular maka
harus turun ke bawah. Jadi mereka menggunakan proses matematika dalam permainan
ini yaitu penjumlahan dan pengurangan.
Pembelajaran
Matematika di sekolah dasar merupakan salah satu ilmu penting yang dipelajari
bagi siswa sekolah dasar, karena ilmu ini selalu digunakan dalam penyelesaian
masalah mengenai bilangan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Sujono (2009:4),
matematika sebagai ilmu pengetahuan tentang benda-benda abstrak dan
masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan, mempunyai arti penting dalam
kehidupan. Sehingga dalam pembelajaran di sekolah harus memperhatikan
kemungkinan-kemungkinan untuk masa depan. Berk (2012: 416) menyebutkan fungsi
pembelajaran matematika di sekolah dasar
adalah untuk menumbuhkan dan
memperkaya pengetahuan informal tentang konsep angka dan berhitung.
Pembelajaran
matematika dengan media permainan ular tangga dapat memotivasi siswa untuk
terus belajar mengembangkan kemampuannya dengan melibatkan siswa secara
aktif dalam pembelajaran, Guru tidak hanya
sebatas mentransfer pengetahuan tetapi juga membimbing siswa agar terampil
dalam menemukan konsep berhitung dengan pengalaman sendiri.
Siti Yulaikah, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 1 Wanayasa
Banjarnegara